[pgp_title]

Memahami Teknik dan Strategi Memasarkan Produk untuk Usaha

Teknik Pemasaran

Pembahasan kita kali ini yaitu Memahami Teknik dan Strategi Memasarkan Produk untuk Usaha. Sepertinya akan sangat efektif kalau mencoba berjualan kaus atau produk lain lewat internet. Jualan melalui internet ini bisa dikerjakan dengan bermacam ragam cara yang memang Anda menguasainya. Syarat penting berjualan di internet yakni Anda selayaknya terampil dalam menulis dan meyakinkan calon pelanggan.

Memahami Teknik dan Strategi Memasarkan Produk untuk Usaha

Berjualan di internet misalnya dengan:

  • membuat account di media sosial;
  • khusus untuk bisnis distro harus aktif di milis-milis musik indie, seni/desain grafis, bisnis sablon, dan banyak lagi yang lain;
  • rajin mengirim e-mail penawaran produk pada jaringan pertemanan;
  • membuat weblog di blogger.com atau multiply.com, yang ditambahi dengan provokasi seputar rencana-rencana dan gagasan-gagasanmu dalam soal gaya hidup anak muda.

Memahami Teknik dan Strategi Memasarkan Produk untuk Usaha

Namun jualan di internet ada kekurangannya yaitu calon pembeli masih banyak yang kurang percaya dengan system penjualan online. Mereka takut tertipu disebabkan karena udah melakukan pembayaran akan tetapi kagak ada pengiriman produk.

Cara paling gampang untuk menghindari hal ini adalah dengan mencantumkan alamat dan nomor telepon di website atau di signature email. Sebab ini jadi bukti bahwa penjualan ini enggak main-main atau bohongan. Sekaligus memberikan kepercayaan pada calon pelanggan bahwa penjual “gampang dicari”.

Ketidakpercayaan ini juga bisa muncul disebabkan karena calon pelanggan ga dapat melihat langsung contoh barang yang dijual. Buat menghindarinya maka Anda seharusnya memberikan (ini studi kasus pada usaha distro) :

Memahami Teknik dan Strategi Memasarkan Produk untuk Usaha

1. Info Produk

Kudu ada info seputar produk yang jelas dan cukup lengkap sebab calon pelanggan enggak bisa langsung memegang dan melihat (langsung) produk yang ingin dibeli. Foto produk merupakan hal yang sangat penting.

Detail lainnya misalnya

  • pilihan warna (dengan foto),
  • informasi ukuran,
  • informasi perawatan, dan informasi bahan,
  • informasi pengecekan jumlah produk yang tersedia. Sebaiknya langsung tersedia, bukan menghubungi kembali. Sebab ini bakal mempengaruhi kemauan pelanggan buat membeli (berkaitan dengan total berat produk yang bakal dibeli dan perbandingannya dengan ongkos pengiri.man).
2. Harga yang Kompetitif

Konsumen online kebanyakan akan lebih mudah membandingkan dengan harga-harga jual di online shop lainnya atau pun toko biasa.

Memahami Teknik dan Strategi Memasarkan Produk untuk Usaha

3. Jasa Pengiriman

Jasa ekspedisi TIKI termasuk salah satu jasa ekspedisi yang disarankan disebabkan karena calon konsumen bisa mengecek sendiri lewat www.tiki.co.id untuk melihat harga kiriman sesuai wilayah dan berat. Pengiriman yang murah dan cepat rata-rata jadi masukkan pula buat si calon customer.

Beban biaya pengiriman bakal lumayan terasa berat apabila produknya sendiri kecil secara ukuran atau murah secara nominal harga. Bakal lebih baik kalau ada penawaran beberapa jenis kiriman, biasa atau ekspres. Ada pula ekspedisi barang yang kagak memperhatikan dimensi dan berat total barang.

4. Membuat Jasa Kurir Sendiri

Alternatif lain adalah membuat jasa kurir sendiri (khusus) buat melayani pengiriman (buat pengiriman lokal, contohnya Jakarta saja). Jasa kurir ini juga dapat bekerja sama dengan kurir lain untuk pengiriman luar kota.

Memahami Teknik dan Strategi Memasarkan Produk untuk Usaha

5. Pembayaran

Buat pembayaran pun bisa ada beberapa alternatif. Lazimnya akan lebih gampang untuk konsumen jika ada beberapa pilihan pembayaran. Misalnya:

  • transfer bank sesudah barang diterima,
  • pembayaran di depan,
  • pembayaran pakai kartu kredit,
  • dan sebagainya.
6. Kurir dan Keistimewaan Produk

Bakal jadi nilai plus bila sang kurir dapat menerangkan pada konsumen seputar keistimewaan produk tersebut.

7. Pengemasan

Pengemasan bergantung pada jarak kirim produk. Rata-rata jika dekat, cukup dengan plastik akan tetapi buat luar kota tetap wajib ada pengemasan yang lebih aman.

Memahami Teknik dan Strategi Memasarkan Produk untuk Usaha

8. Customer Service

Kudu siap dihubungi oleh pembeli kapan aja, karena e-commerce tergolong baru di Indonesia. Jadi bila barang belum diterima, customer sering was-was dan terus menghubungi penjual. Intinya customer service yang cepat melayani pertanyaan ataupun keluhan.

9. Pemilihan Web Hosting

Pilih tempat web hosting yang reliable dan support-nya gampang dihubungi.

10. Ada Keterangan Update Pemesanan sampai Pengiriman

Misalnya:

  • pemberitahuan sesudah form order diterima,
  • pemberitahuan setelah pembayaran diterima,
  • pemberitahuan mengenai waktu pengiriman dan perkiraan tiba di tempat customer.
  • dan banyak lagi yang lain.

Memahami Teknik dan Strategi Memasarkan Produk untuk Usaha

11. Insentif buat Visitor atau Konsumen

Contohnya untuk pelanggan yang “aktif” di website tersebut tersedia discount senilai sekian rupiah buat visitor yang mengisi kuesioner.

12. Toko Online

Toko online yang ”bagus” ialah yang wajib mempunyai sistim aplikasi dan sistem pelayanan yang baik. Pemilik mesti memperhatikan sumber pendanaan per bulannya untuk hosting dan domain, misalnya. Bila belum mendapatkan penghasilan dari web, harus mempersiapkan dana cadangan.

Oleh sebab itu mengomersialisasikan website online shop pun bisa jadi perhatian khusus. Misalnya melalui pemasangan iklan banner. Pengiklan banner lazimnya mau memasang iklan apabila website tersebut ramai pengunjungnya. Untuk melihat hal ini sediakan pula tool untuk memeriksa traffic kunjungan. Dan cara-cara internet marketing yang baik (tidak melakukan spam).

Memahami Teknik dan Strategi Memasarkan Produk untuk Usaha

Internet ialah media yang tepat untuk mengukuhkan keberadaan brand. Cuma lewat internet hubungan dengan customer, kepercayaan dan loyalitas merk dapat dikukuhkan dan terbangun. Internet ga memungkinkan Anda buat menyentuh, merasakan atau membaui produk yang ditawarkan. Kita mesti membangun kepercayaan pelanggan, menjamin bahwa credit card mereka enggak disalahgunakan, dan lain-lain.

Jadi, internet amat memungkinkan untuk melakukan interaksi langsung dengan konsumen. Apalagi brand identik dengan hubungan baik, kepercayaan, pelayanan, dan kepedulian terhadap kebutuhan pembeli. Dan ini bisa dikerjakan melalui internet.

Sekian informasi perihal Memahami Teknik dan Strategi Memasarkan Produk untuk Usaha, kami harap postingan kali ini berguna buat kalian. Mohon artikel ini dishare supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *